Cirebon akan Memiliki Monumen Perjuangan Bahari


Cirebon, Kota Cirebon tidak lama lagi akan memiliki monumen perjuangan maritim. Tidak hanya untuk menghargai jasa-jasa perjuangan para pendahulu Bangsa, monumen ini akan menjadi destinasi wisata baru. Penjabat Wali Kota Cirebon dan Danlanal siang (Jumat, 26/10/2018) tadi telah meletakkan batu pertama sebagai tanda dibangunnya monumen tersebut. Monumen yang diberi nama KRI Gajah Mada 408, dibangun di atas perairan Cirebon. Karena saat itu, disini telah terjadi pertempuran laut.
Pj Wali Kota Cirebon Dedi Taufik mengatakan, monumen itu dibangun untuk memperingati hari bersejarah dalam memperjuangkan kemerdekaan.
“Karena kita harus memperkenalkan sejarah terlebih pada generasi muda,” katanya, Jumat 26/10/2018.
Tidak hanya bernilai sejarah, monumen itu ditargetkan menjadi tujuan wisata baru di Kota Cirebon sehingga berdampak positif bagi perekonomian masyarakat.
“Keberadaan monumen itu akan memberikan multiplyer effect, selain pariwisata juga menumbuhkan perekonomian di Kota Cirebon,” ujarnya.
Sementara, Danlanal Cirebon Letkol Mar Yustinus Rudiman mengatakan, dalam masa perjuangan tidak banyak terjadi pertempuran laut. Namun, di perairan Cirebon ini telah terjadi peristiwa sejarah perjuangan bangsa.
“Di titik ini pernah terjadi pertempuran laut, yang dikenal dengan pertempuran laut Cirebon,” katanya.
Menurutnya, pembangunan monumen ini sekaligus menunjukkan bahwa untuk mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia diperlukan perjalanan dan perjuangan yang sangat panjang. “Negara kita tidak akan berdiri jadi negara yang berdaulat jika tidak ada perjuangan dari pejuang-pejuang kita,” tandasnya. (Reno)

No comments