Disdukcapil, Usia Balita Juga Berhak Memiliki Kartu Identitas



LEBAK, mediatiga.id -  Dalam rangka menindaklanjuti aturan Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia yakni Permendagri No. 2 Tahun 2016 Tentang Kartu Identitas Anak bahwa anak berusia 0 bulan sampai 17 tahun kurang 1 hari dan belum menikah tidak memiliki identitas penduduk yang berlaku secara nasional dan terintegrasi dengan sistem informasi administrasi kependudukan.

Oleh karena itu pemerintah berkewajiban untuk memberikan identitas kependudukan kepada seluruh penduduk Warga Negara Indonesia yang berlaku secara nasional sebagai upaya perlindungan dan pemenuhan konstitusional warga negara maka anak anak usia 0 bulan sampai 17 tahun kurang 1 hari berhak memiliki kartu Identitas Anak (KIA)


Dikatakan Irawati Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, pemberian identitas kependudukan kepada anak akan mendorong peningkatan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik untuk mewujudkan hak terbaik bagi anak.

"Untuk saat ini Anak usia 0 bulan/ baru lahir hingga usia 17 tahun kurang 1 hari yang belum   memiliki Kartu Identitas Pemduduk (KTP) berhak mendapatkan Kartu Identitas Anak (KIA), sebagai upaya mendapatkan perlindungan dan pelayanan publik sebagaimana amanat Permendagri tentang kartu identitas anak tersebut," paparnya.

Menurutnya pada aturan tersebut, pihak Pemerintah dalam hal ini Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil wajib memberikan pelayanan terhadap hak anak untuk mendapatkan KIA.

"Untuk mewujudkan hal itu, tentunya dibutuhkan juga peran serta orang tua agar para orang tua mendorong dan koperaktif membantu putra putrinya memiliki Kartu Identitas Anak," pungkasnya. (NE)

No comments