Pengurus Baru Dilantik, Karang Taruna Ciamis targetkan kesejahteraan sosial


CIAMIS, mediatiga.id - Karang Taruna merupakan wadah pengembagan generasi muda yang tumbuh, dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggungjawab sosial dari, oleh, dan untuk masyarakat, khususnya generasi muda.

Karang Taruna didirikan antara lain bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan sosial yang semakin meningkat bagi para generasi muda, sekaligus memanfaatkan fungsi sosial sebagai manusia, dalam pembangunan, serta dalam hal mengatasi masalah kesejahteraan sosial dilingkungannya masing-masing.

Sebagai Potensi, dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS), Karang Taruna yang bergerak dalam bidang Usaha Kesejahteraan Sosial (UKS), perlu untuk selalu meningkatkan kualitas kelembagaan sehingga pada gilirannya dapat membina generasi muda, secara lebih efektif, dan efisien, khususnya dalam kegiatan usaha-usaha kesejahteraan, terutama dalam penangan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

Oleh karena itu kepada Pengurus Karang Taruna Kabupaten Ciamis, masa bhakti Tahun 2018-2023 ini, diharapkan dapat menggali segala aspek yang menyangkut kesejahteraan sosial yang ada dimasing-masing wilayah sesuai karakteristik yang ada, sekaligus rumusan, model, maupun strategi penanganan permasalahan sosial kedepan, secara bertahap, tapi pasti. Grafik permasalahan kesejahteraan sosial khususnya diwilayah Kabapaten Ciamis ini dapat di tekan, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal itu disampaikan Bupati Ciamis, saat melantik Pengurus Karang Taruna Kabupaten Ciamis, masa bhakti Tahun 2018-2023, di Aula Gedung PKK Pendopo Kabupaten Ciamis, Senin (29/10/2018).

Pelantikan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Ciamis, mengusung tema: “Karang Taruna Berkarya, Berdikari, Taruna Maju Untuk Mandiri”.

Sesuai dengan SK Bupati Ciamis, tentang pengurus dan majelis pertimbangan Karang Taruna Kabupaten Ciamis, masa bhakti Tahun  2018-2023 sebagai ketua umum adalah Atep Hasanudin.

Ketua Karang Taruna Kapaten Ciamis, masa bhakti Tahun 2018-2023, Atep Hasanudin, dalam sambutannya antara lain mengajak pengurus Karang Taruna Kabupaten Ciamis, untuk terus secara bersama sama memajukan organisasi Karang Taruna, karena ini merupakan wadah pemuda untuk bermasyarakat agar dapat mandiri. Mari kita tunjukkan keteladanan, serta contoh yang baik kepada masyarakat, sehingga keberadaan Karang Taruna bermanfaat bagi masyarakat, dan dapat bersinergi dengan pemerintah dalam memberikan kemajuan Kabupaten Ciamis.

“Kami siap berdampingan dengan Pemerintah Kabupaten Ciamis, sebagai garda terdepan dalam mendukung pembangunan dengan semangat baru,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Propinsi Jawa Barat, Subhan Daragana, dalam sambutannya mengaharapkan kepada kepengurusan Karang Taruna Kabupaten Ciamis, yang baru dilantik agar bersinergi dengan pemerintah untuk memajukan organisasi Karang Taruna dan Kabupaten Ciamis.

"Berbuatlan sesuai dengan kemampuan, gerakkan potensi daerah untuk kemajuan bersama," tandasnya

Dalam kesempatan tersebut Pengurus Karang Taruna Kabupaten Ciamis, juga menyerahkan bantuan berupa 1 box pakaian layak pakai, dan uang sebesar Rp. 6.000.000,- yang diberikan kepada Pengurus Karang Taruna Propinsi Jawa Barat, dan untuk selanjutnya disalurkan kepada para korban bencana alam gempa bumi dan tsunami di Palu. (Baihaki)

No comments