Wisata Bukit Cula Terobosan Kampung Wisata Desa Bumiwangi


Kab Bandung, Mediatiga id-Panorama Indah Bukit Cula yang berlokasi di Desa Bumiwangi kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung,kini menjadi kampung wisata dan merupakan salah satu ikon desa tersebut,yang banyak di kunjungi touris lokal guna menikmati panorama indah perbukitan Gunung Cula.

Dijelaskan Drs Rudi kepala desa Bumiwangi,saat ini kami bersama warga sedang membuat terobosan baru dengan menjadikan perbukitan gunung Cula yang berada di lahan tanah carik desa Bumiwangi menjadi kampung wisata alam Hijau dimana didalamnya terdapat pohon-pohon yang rindang sejuk dan asri,tentunya hal ini dalam upaya menjaga alam agar alam juga bisa menjaga kita," ucap Rudi.

Adapun tema Program Desa Wisata Desa Bumiwangi menurut Rudi adalah Bukit Cula untuk Masa Kini dan Masa Depan, terintregrasi antara Program Penghijauan, Wana Wisata, Bumi Perkemahan, Edukasi Lingkungan serta Agrowisata.

Lebih jauh Rudi mengatakan bahwa sekarang ini kami bersama warga sedang melakukan pengerasan dan pemadatam sarana jalan dari titik Nol persen sepanjang 280 meter lebar 3 meter, di mana 70 cm kiri dan kanan di cor dan tengahnya dilakukan pemadatan dengan target pengerjaan satu bulan," jelasnya.

Adapun sumber biaya Infrastruktur peningkatan sarana jalan berasal dari oftimalisasi desa wisata dan swadaya masyarakat desa Bumiwangi sebesar  Rp190 juta dan Rp 180 juta untuk pbangunan Gazebo," tambahnya.

Rudi menegaskan adapun sumber Anggaran dari Kemendes PDTT dalam Program Optimalisasi sarana/prasarana Desa Wisata berupa Jalan dan Gazebo.

Untuk mempermudah akses para pengunjung yang akan menuju bukit cula,selain itu ke depannya akan tersaji juga jajanan tradisional yang bisa di nikmati para pengunjung," ujar Rudi menjelaskan saat di wawancara awak mediatiga. ( Bang Arbim)

No comments