Dana Desa Tahap 2 Desa Kalangsuria mementingkan pembangunan Fisik


KARAWANG, mediatiga.id - Angka Kemiskinan D i Desa Kalangsuria yang mencapai 40% dari jumlah penduduk 8 ribuan, ternyata Dana Desa (DD) di Desa tersebut tidak digunakan untuk pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan taraf hidup ekonomi lebih baik, namun DD tersebut digunakan untuk membangun Jalan setapak dan Turap.

Penggunaan Dana Desa (DD) tahap dua di Desa Kalangsuria, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, ternyata dipergunakan untuk membangun  jalan setapak (Japak) sepanjang 900 meter dan pemasangan turap 500 meter. Adapun DD yang diterima direkening desa sebanyak 300 Juta rupiah.

“Dana Desa yang ia terima telah dialokasikan untuk pembangunan Turap dan Jalan setapak dengan rincian pembangunan jalan setapak sepanjang 900 meter dan turap sepanjang 500 Meter” kata Lili di Desanya saat acara peresmian Kampung KB, Jumat (3011/18).

Padahal sudah jelas menurutnya bahwa angka kemiskinan di desa yang ia pimpin cukup tinggi  dan hampir sebagian penduduknya hidup dalam garis kemiskinan dikarenakan hanya mengandalkan buruh tani “ya lebih kurang 40% lah penduduk desa ini yang ekonominya tergong miskin” jelasnya.

Padahal Dana Desa dapat digunakan untuk pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan taraf ekonomi yang lenih baik melalui dana Desa sesuai dengan Pasal 1 angka 2 PP 8/2016 menjelaskan “Dana Desa adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang diperuntukkan bagi Desa yang ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah kabupaten/kota dan digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat”. (DMN)

No comments