Enam PNS Kota Banjar Terlibat Korupsi Dipecat

Supratman. Kepala Badan Kepegawaian Kependidikan Kepala Daerah Kota Banjar ( reporter dan foto : Dede Gumilar)


Kota Banjar, mediatiga.id - Sebanyak 6 pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Banjar dipecat secara tidak hormat, keenam oknum PNS tersebut diberhentikan dengan tidak hormat.

Berdasarkan UU sebelum UU 31 thn 99 dirubah UU no 20 THN 2001 tentang pemberantasan pidana korupsi. Terbaru ASN UU no 5 2014 tentang ASN . PP 11 THN 2017 tentang manejemen PNS . Keenam PNS tersebut diantaranya terlibat kasus tindak pidana korupsi (Tipikor) enam PNS tersebut dari Dinkes, Setwan, Kecamatan, Setda. Kasus pidana korupsi ( Tipikor) yang ada kaitannya dengan jabatan. Kasus korupsinya tahun 2016. Sementara satu menunggu Surat Keputusan Pengadilan.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan Pelatihan Daerah Kota Banjar Supratman mengatakan, lima PNS yang diberhentikan tersebut sudah dikeluarkan SK Walikota Banjar, Baik SK pemberhentian tidak hormat, sedang satu masih menunggu surat keputusan pengadilan negeri.

"Lima PNS diberhentikan tidak hormat, berdasarkan UU ASN dan UU Tipikor, jadi pemerintah daerah tidak bisa berbuat apa pun, atau menangguhan," Tandas Supratman kepada meditiga.id , Jumat, (2/11/2018).

Lanjutnya, BKN pusat sudah menghapus semua data dan honor para PNS tersebut, karena data tersebut sudah ada di KPK langsung.

Untuk PNS yang diberhentikan tidak hormat, berinisial D , SY , SU , H , dan S sedangkan A masih menunggu keputusan pengadilan negeri. Enam PNS yang diberhentikan tidak hormat sudah divonis oleh majelis hakim. Bahkan sudah ada yang bebas dari hukuman.

Supratman menghimbau untuk para PNS di lingkungan Kota Banjar bekerja sesuai UU yg berlaku hati- hati waspada jangan bekerja seenaknya, karena diatur UU, jangan tergiur oleh materi atau ajakan KKN yang bisa merugikan diri sendiri dan negara. (Degum)

No comments