Pembuatan E-KTP Lamban, warga pertanyakan kinerja Disdukcapil Bandung Barat


Kabupaten Bandung Barat, .Mediatiga.Id,- Proses pembuatan e-KTP di wilayah kabupaten bandung barat dirasakan banyak masyarakat sangat bertela-tele dan  menyulitkan, pasalnya selain diwajibkan mengikuti antri yang panjang dan mungkin melelahkan setelah melalui proses photo pun mereka diwajibkan menunggu untuk waktu yang lama bahkan ada yang sampai satu tahun lebih. ; hal ini diungkapkan salah seorang anggota masyarakat ujang (nama alias) yang ditemui awak media di kantor dinas kependudukan dan catatan sipil kabupaten bandung barat senin 12 november 2018.

Bahkan lanjut ujang, selain lamanya proses antrian photo yang cukup melelahkan, akan tetapi untuk mengajukan ke pencetakan pun memerlukan waktu yang tidak sedikit bisa memakan waktu berbulan-bulan bahkan mencapai satu tahun lebih. Papar ujang.

Petugas kependudukan di loket 1 tanto santosa ketika dikonfirmasi kepada awak media menyebutkan, bahwa memang budaya antri merupakan kewajiban bagi mereka yang ingin  mencetak kartu e-ktp, sedangkan lembar yang merupakan kertas KTP sementara/keterangan yang pernah diberikan sebagai bentuk KTP sementara bukanlah alat yang sah untuk mengambil Kartu tanda penduduk yang bersangkutan, melainkan hanya sebuah keterangan saja, Tutur tanto santosa.

Kalau mau mencetak kartu ya harus antri, kalau tidak bisa hari ini, yaa besok kan bisa. Pungkasnya.

Panjangnya antrian dan lambannya penanganan pelayanan di dinas kependudukan kabupaten bandung barat merupakan fenomena sehari-hari, yang memang terasa melelahkan bagi masyarakat yang membutuhkan/ berkepentingan dengan dinas ini, apakah memang seperti ini tradisi ASN di kabupaten bandung barat walallahu a'lam. (Acep)

No comments