Kota Cirebon Selenggarakan Festival Teknologi Informasi


Cirebon, mediatiga.id, - Pemerintah Kota Cirebon akan menggelar Festifal Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau FESTIK. Festival tahunan yang diinisiasi relawan TIK Indonesia ini diadakan pada 1-2 Desember 2018. Disana akan ng menghadirkan festival edukasi di bidang TIK berupa pameran, eksebisi, seminar dan workshop. Tahun ini merupakan gelaran FESTIK yang ke-7, sebelumnya, Festival TIK sukses diadakan di Bandung, Surabaya, Manado, Jogjakarta, dan tahun lalu diadakan di aceh. Dengan mengangkat tema "Sehati Ing Smart City" dan Sub tema “Peningkatan Kompetensi Relawan
TIK dan Komunitas Penggerak TIK Melalui Literasi Digital Untuk Mendukung Program Smart City dan
Smart Society“ , FESTIK 2018 diharapkan menjadi puncak dari segala sinergi lintas komunitas untuk
Indonesia. Puluhan pembicara nasional akan berbagi pengetahuan yang berkaitan dengan TIK.
Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Kota Cirebon, Iing Daiman mengatakan, ribuan peserta akan hadir dengan berbagai latar belakang (pemerintah daerah, akademisi, penggiat internet, mahasiswa, pelajar, dan sebagainya) dari berbagai kota di Indonesia, dari Aceh sampai Papua, melalui 3 Seminar Nasional dan 30 kelas Workshop.
“Festival TIK hadirkan nuansa digital selama dua hari bagi para peserta,” katanya, Jumat 30/11/2018.
Ia melanjutkan, registrasi berbasis aplikasi, transaksi digital untuk konsumsi yang melibatkan puluhan pelaku UMKM kuliner khas Cirebon juga menjadi bagian utama dari Festival TIK 2018. “Festivak TIK menjadi kesempatan yang sangat berharga bagi masyakarat khususnya terkait pemanfaatan dan penggunaan TIK agar dapat memberikan nilai tambah bagi kehidupan,” tuturnya.
Ia menyatakan, pihak penyelenggara mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memanfatkan kesempatan ini untuk mendulang ilmu pengetahuan tambahan tentang teknologi secara menyeluruh.
“Sebab, gelaran Festival TIK 2018 juga bertujuan untuk membangun apresiasi, edukasi dan inspirasi masyarakat dengan memanfaatkan TIK guna mendukung dan meningkatkan kesatuan dan persatuan, dengan pemahaman ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan nasional. Serta memperkenalkan perkembangan TIK dan Teknologi Digital lainnya,” terangnya.(Reno)

No comments