Pemkab Cirebon Terjunkan Tim Reaksi Cepat Tanggap Bencana


Cirebon, Untuk menghadapi musim hujan yang tengah dialami Kabupaten Cirebon dan sekitarnya. Pemerintah Kabupaten Cirebon menerjunkan Tim Reaksi Cepat Tanggap Bencana. Pasalnya, ketika musim hujan mulai mengguyur, wilayah ini kerap terkena bencana seperti banjir, tanah longsor, puting beliung, dan tanah geser. Tim ini sendiri terdiri dari personel gabungan didalamnya terdapat unsur Polri, TNI, BPBD, BASARNAS, Organisasi Masyarakat Kebencanaan, dan Sukarelawan. Pemkab Cirebon pun menetapkan siaga bencana mulai tanggal 1 November hingga 31 Mei 2019.
Pj Bupati Cirebon Dicky Saromi mengatakan, seluruh elemen baik swasta, pemerintah, dan masyarakat harus bersatu dalam penanganan bencana, baik saat bencana itu terjadi maupun setelahnya.
“Seluruh elemen, perlu berkoordinasi dengan baik agar dapat meminimalisir dampak bencana,” katanya, Senin 16/11/2018.
Menurutnya, Kabupaten Cirebon termasuk daerah yang sangat rentan terjadinya bencana dan datangnya bencana tidak dapat diprediksi.
“Seberapa besar dampak bencana tidak dapat diprediksi. Tapi, kita wajib bahu-membahu mengurangi dampak bencana tersebut,” ujarnya.
Selain melepas personil, ia juga memeriksa kesiapan seluruh perlengkapan penanggulangan bencana mulai dari perahu karet, obat-obatan, tenda darurat, dan lainnya. (Reno)

No comments