Rengasdengklok Akan Miliki RSU Tipe C Dengan Fasilitas Lengkap


KARAWANG - Rencana pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) type C di kecamatan Rengasdengklok nampaknya bukan sekdar wacana, Dinas Kesehatan (Dinkes) Karawang mengundang masyarakat untuk hadir sidang Analisa Dampak Lingkungan (Amdal) di hotel Brits Karawang, Selasa (27/11). Akan dibangunnya Rumah Sakit Umum Rengasdengklok mendapat respon positif dari masyarakat. 29/11/18.

Kepala bidang kesehatan lingkungan yang mewakili Dinkes Karawang, dr. Naniek Jodjana mengatakan pembuatan RSUD type C ini dilahan seluas 21.756 m2 di Desa Amansari kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang akan dibuat 6 lantai dengan 150 kamar,  serta berbagai fasilitas lengkap didalamnya seperti IGD, radiology, apotek, klinik, dan lainnya.

"Fasilitasnya semua komplit untuk type C. Semua poli ada, juga termasuk cuci darah. Memang kan cuci darah di Karawang ini sangat tinggi di RSUD Karawang, RSUD punya 48 tempat tidur, tetapi pasien sampai harus mengantri, sehingga dengan adanya type C ini, pasien yang dari daerah tidak perlu lagi ke RSUD Karawang," jelas Naniek, Selasa (27/11) di sela-sela paparan Amdal.

Dikatakan Naniek, pada prinsipnya tidak ada yang tidak setuju dalam pembuatan rumah sakit ini. Karena memang rumah sakit ini sangat dibutuhkan di Rengasdengklok. "Memang dari awal masyarakat sudah menunggu, di RSUD Karawang sendiri kunjungan setiap hari rumah sakit sangat tinggi.

Sementara itu, dalam amdal, kepala desa Amansari Hanapi Zaenudin memberi masukan agar dalam tenaga kerja di rumah sakit lebih diutamakan masyarakat desa Amansari. "Masyarakt desa Amansari harus ikut dikaryakan jangan sampai masih banyak pengangguran di Amansari, tetapi banyak yang kerja dari luar," ucapnya.

Hal senada dikataan perwakilan Muspika kecamatan Rengasdengklok, Asep Madya yang juga kasi transtib kecamatan, mengatakan agar diperhatikan pada saat pembangunan terutama material tanahnya.

"Dampaknya sudah jelas saat pembangunan, untuk gangguan lalu lintas, tetkait material tanah, jangan sampai dibiarkan bercecer di jalan memerlukan tenaga pembersihnya," pungkasnya. (DMN)

No comments