Sektor 8 Citarum membangun "Bale Tarum". Ini Fungsinya.


Kab Bandung.Mediatiga.Id,- Banyak cara untuk membuat warga paham dan sadar akan lingkungan, terutama tentang sampah dan cara memilah nya.

Seperti yang dilakukan Dansektor 8 Kol Czi Aby Ismawan, melalui Satgas Citarum Subsektor Mekar Rahayu yang dibantu oleh Ketua TPS 3R Danial Ghyna Ginanjar, pagi ini  membangun Bale Tarum, saung tempat melakukan edukasi tentang cara memilah sampah.

Bale Tarum yang berukuran 5 X 7 meter ini, berdiri pas di Bantaran Citarum Desa Mekar Rahayu Kec Marga Asih, dan berjarak 20 meter dari Oxbow Cicukang yang masih menjadi lautan sampah. Jum'at (29/11).

Menurut Danial Ghyna, merehab tempat TPS 3R ini, untuk pusat pelatihan warga, " Atas petunjuk Dansektor Kol Czi Aby Ismawan, tempat ini akan dijadikan pusat edukasi, lokasinya sangat cocok karena berdekatan dengan Aliran Sungai Citarum dan Oxbow yang masih tertimbun puluhan ton sampah, jadi warga belajar langsung di pusat sampah dan Aliran Citarum", Ujar Danial di sela sela kegiatan nya membantu satgas Citarum.

Satgas Citarum Subsektor Mekar Rahayu yang dipimpin oleh Pelda Ari Purwadi, hari ini selain merehab Bale Tarum, juga sebagian satgas nya membersihkan Bantaran Sungai Citarum untuk persiapan penanaman bibit pohon keras, " Atas arahan dan Intruksi Dansektor, hari ini kami melakukan giat pembersihan Bantaran, juga merehab Tempat TPS 3R, untuk dijadikan saung edukasi Bale Tarum", Terang nya.

Seperti pernah diberitakan sebelum nya, Oxbow Cicukang yang panjang nya sekitar 700 M, sampai saat ini belum pernah tersentuh untuk dibenahi,   ribuan ton sampah dari warga sekitar, juga dari anak sungai yang berasal dari Kota Bandung  masih menumpuk dan menunggu sentuhan pihak terkait.

Sementara itu, ketika dihubungi melalui selular, Dansektor 8 Kol Czi Aby Ismawan menjelaskan, " Saung Edukasi itu, nanti nya diharapkan dapat menjadi tempat ngariung warga bantaran, untuk membahas berbagai macam masalah lingkungan, untuk dicarikan solusi dan penyelesaian nya demi generasi yang akan datang", Jelas Dansektor 8. (Acep Dimulya)

No comments