Tingkatkan Semangat Prajurit , Korem 063/SGJ ingatkan Doktrin Kartika Eka Paksi pada anggotanya


Cirebon, mediatiga.id - Untuk mengingatkan dan meningkatkan kembali semangat prajurit TNI AD khususnya Korem 063/ SGJ beserta jajarannya dan menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bela negara bagi para generasi muda. Korem 063/SGJ Menggelar acara Sosialisasi Doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi.

Danrem 063/SGJ Kolonel Arm Maryudi melalui Kasi Pers Korem 063/SGJ Letkol Inf Efendi Muchtar mengatakan, Doktrin Kartika Eka Paksi merupakan doktrin tertinggi yang menjadi pedoman bagi seluruh prajurit TNI AD. Hakekat doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi ini merupakan penegasan dan penguatan cita-cita perjuangan tanpa akhir bagi TNI AD.

“Doktrin ini juga digunakan sebagai ajaran utama yang menjadi landasan filosofi dan seluruh konsep doktrin yang digunakan oleh TNI AD dalam pembangunan postur TNI AD yang diwujudkan pada kesiapan operasional dan gelar kekuatan pertahanan dengan menjalankan fungsi pertempuran maupun fungsi Binter,” katanya, Senin 26/11/2018.

Ia melanjutkan, sebagai prajurit TNI AD, Doktrin Kartika Eka Paksi ini harus benar-benar dapat dipahami secara mutlak, dan selanjutnya harus mampu diterapkan dalam pelaksanaan tugas sebagai prajurit.

“Karena di dalam doktrin Kartika Eka Paksi ini telah mengatur tentang bagaimana tugas pokok TNI AD, peran TNI AD sebagai alat negara, prinsip-prinsip penyelenggaraan pertahanan negara, strategi perang dalam mempertahankan NKRI, penggunaan kekuatan dalam operasi perang selain perang, hakikat dan bentuk-bentuk ancaman, konsep pertahanan bangsa Indonesia sebagai negara kepulauan serta seluruh doktrin yang mengatur tentang apa dan bagaimana tugas kita sebagai prajurit kewilayahan,” terangnya.

Doktrin Kartika Eka Paksi ini bersifat terbuka sehingga boleh diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat, bahkan dengan mengetahui doktrin Kartika Eka Paksi tentang tugas dan kewajiban TNI AD, diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi seluruh lapisan masyarakat terutama bagi para pemuda generasi penerus bangsa, bagi para civitas akademika mahasiswa calon pemimpin bangsa Indonesia di masa yang akan datang untuk lebih meningkatkan rasa cinta tanah air sehingga tumbuh jiwa bela negara.

Untuk itu dalam kegiatan sosialisasi ini selain dilaksanakan di makorem oleh seluruh anggota, juga akan dilaksanakan di Kodim-kodim dengan melibatkan para mahasiswa dan pelajar, dengan harapan adanya kegiatan sosialisasi.

“Doktrin Kartika Eka Paksi ini dapat mengingatkan dan meningkatkan kembali semangat prajurit TNI AD khususnya Korem 063/ SGJ beserta jajarannya dan menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bela negara bagi para generasi muda kita,” katanya. (Reno)

No comments