Danrem 091/ASN Pimpin Sertijab Dandim 0912/Kutai Barat. Ini Pesannya...



SAMARINDA. KOREM 091/ASN. (12/12), Pergantian pucuk pimpinan ditingkatan Kodim jajaran Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) kembali terjadi yakni sertijab Dandim 0912 Kutai Barat Letkol Inf Rudi Setiawan, S.E kepada Letkol Inf  Anang Sofyan Effendy dan Acara tradisi Korps tersebut dipimpin oleh Danrem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Brigjen TNI Irham Waroihan S.Sos di ruang Hall Makorem 091/Aji Surya Natakesuma Jl. Gajah Mada No. 11 Samarinda, Rabu (12/12/2018).

Letkol Inf Rudi Setiawan, yang sebelumnya menjabat sebagai Dandim 0912/Kubar, menempati jabatan baru sebagai Pabandya-4/Konsos Spaban III/Wanwil Sterad.

Sedangkan jabatan Dandim 0912/Kutai Baratr, diemban oleh Letkol Inf Anang Sofyan Effendy, yang sebelumnya menjabat sebagai Pabandyakomsos Sterdam VI/Mulawarman.

Pejabat Sertijab mengambil supah jabatan dan penandatanganan Pakta Integritas oleh Danrem dilanjutkan penyerahan jabatan tersebut ditandai dengan penyematan tanda pangkat dan tanda jabatan serta penyerahan Tongkat Komando yang dilakukan oleh Komandan Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) yang dirangkai dengan penandatanganan naskah berita acara serah terima jabatan oleh pejabat lama dan pejabat baru dihadapan 091/Aji Surya Natakesuma.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasrem 091/Aji Surya Natakesuma Letkol Inf Ruslan Effendy, Para Kasi Korem 091/ASN, para Komandan Kodim se-jajaran Korem 091/Aji Surya Natakesuma,, para Komandan Satuan, Kabalak, Perwira, Bintara, Tamtama, PNS, dan Ketua serta Ibu-ibu pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 091 PD VI/Mulawarman.

Seperti biasanya para pejabat yang melaksanakan serahterima jabatan melasanakan tradisi penciuman Dhuaja Korem 091/ASN  “Praja Menggala Gapura Ning Negara”  yang mengandung arti Berpegang Teguh Dalam Melaksanakan Tugas Negara dan Bangsa Dengan Tidak Meninggalkan Nilai-Nilai Tingkah Laku dan Etika serta Sopan Santun.

Dalam amanat, Danrem 091/ASN Brigjen TNI Irham Waroihan S.Sos menyampaikan bahwa upacara serah terima jabatan yang baru saja dilaksanakan merupakan bagian integral dari dinamika internal Angkatan Darat khususnya Korem 091/Aji Surya Natakesuma untuk kepentingan pembinaan personel yang bersangkutan maupun penyegaran organisasi.

Oleh karena itu, setiap pergantian pejabat, harus dipandang sebagai suatu perwujudan meningkatkan kinerja Satuan atau akumulasi untuk meningkatkan etos kerja setiap personel yang mengawaki organisasi. Dengan demikian, ke depan tugas, fungsi dan peran satuan ini dapat diemban dengan sebaik-baiknya. Selain itu melalui serah terima jabatan ini, diharapkan akan memacu semangat dan kreativitas, sehingga melahirkan ide serta pemikiran baru dalam rangka memberikan pengabdian yang terbaik bagi kemajuan Angkatan Darat, khususnya Korem 091/Aji Surya Natakesuma.

Danrem juga menjelaskan sejumlah tugas menanti Dandim 0912/Kubar yang baru, diantaranya mengawal serta memantau proses hibah lahan yang nantinya bakal dijadikan area latihan militer, selain tugas kewilayahan lainnya.

"Di Kubar, kita punya area latihan yang merupakan bekas lahan milik PT Gunung Bayan, yang diberikan ke Pemerintah, kita dapat hibah lahan itu sekitar kurang lebih 5000 Ha," ucap Danrem 091/ASN.

"Area latihan ini tidak hanya digunakan oleh Kodam saja, namun juga dapat digunakan oleh Mabes TNI, dan tahun ini Mabes sudah meninjau ke lokasi. Jadi, Dandim baru harus segera beradaptasi," tambahnya.

Selain itu, Kodim 0912/Kubar saat ini masih memegang kendali dua wilayah, yakni Kabupaten Kubar dan Kabupaten Mahulu, dimana Dandim 0912/Kubar yang baru harus dapat menjalin hubungan yang baik dengan stake holder yang ada di dua kabupaten tersebut.

Bahkan, Dandim 0912/Kubar yang baru juga diminta untuk turut serta mempersiapkan pembentukan Kodim Mahulu.

"Lahan memang sudah ada, tapi masih terus berproses. Sebelum Kodim terbentuk, Koramil juga harus disiapkan. Tentu komunikasi yang baik dengan semua elemen yang ada, agar tugas kewilayahan dapat berjalan maksimal," pesan Danrem.


 Sumber Penrem 091/ASN

No comments