Di Arena Car Free Day Polres Cirebon Deklarasikan Pemilu Damai 2019


Cirebon, mediatiga.id - Menjelang Pilpres dan Pileg 2019, Polres Cirebon Kota gelar Deklarasi Damai. Selain deklarasi, kegiatan ini juga dimeriahkan oleh aksi-aksi kreatif warga dan pemuda Kota Cirebon diantaranya adalah dari Komunitas Sepeda Ontel, Komunitas Free Style Cirebon, Komunitas Gojek Cirebon, dan masyarakat Kota Cirebon yang melaksanakan Car Free Day.

Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy mengatakan, Deklarasi Damai ini dalam rangka menghadapi Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden Tahun 2019, agar pada pelaksanaannya dapat berjalan aman, damai dan lancar, tanpa adanya hambatan apapun.

“Bersama masyarakat kami sepakat untuk menjaga kondusifitas Kota Cirebon tetap damai. Baik saat Pemilu maupun setelahnya,” katanya, Minggu 9/12/2018.
Ia meminta, masyarakat yang kini akrab dengan teknologi dan media sosial untuk berhati-hati dan cerdas dalam berselancar di dunia maya. Karena disana banyak sekali berita-berita hoax terlebih menjelang Pilpres dan Pileg.

“Kita harus pintar dalam mengikuti perkembangan tekhnologi, karena zaman sekarang teknologi sangat berperan penting dalam kehidupan. Mari khususnya untuk masyarakat Kota Cirebon bersama Polres Cirebon Kota untuk menolak dan melawan berita Hoax dan ujaran kebencian,” ujarnya.

Untuk dapat menangkal hoax dan hujatan kebencian di dunia maya dan dunia nyata, ia menekankan pentingnya toleransi dan saling menghormati, karena ini merupakan sikap khas bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi nilai-nilai luhur Pancasila.

“Budayakan toleransi antar sesama. Kekompakan untuk menjaga Indonesia agar tetap solid,” tuturnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan pernyataan ikrar "Deklarasi Damai" dan dilanjutkan penandatanganan Deklarasi  Damai Bersama.

Isi dari "Deklarasi Damai" Dalam rangka Pilpres dan Pilres Tahun 2019 di wilayah Hukum Polres Cirebon Kota adalah sebagai berikut :

Kami warga masyarakat Cirebon

1) Siap sedia menjaga keutuhan NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

2) Mengutamakan kepentingan Nasional di atas kepentingan pribadi, kelompok atau golongan demi tetap terpeliharanya keutuhan bangsa Indonesia.

3) Siap melaksanakan pemilu Damai Tahun 2019, secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

4) Siap melaksanakan seluruh tahapan pemilu dan kampanye dengan tetap menjaga ketertiban umum, tanpa Hoax, tanpa politisasi sara dan tanpa politik uang.

5) Saling menghormati perbedaan dan menjunjung tinggi hak asasi manusia.

6) Mentaati segala peraturan perundang - undangan yang berlaku yang terkait dengan penyelenggaran pemilu.
(Reno)

No comments