KUA Pacet Gelar Sosialisasi SIMKAH Berbasis Web


Pacet,Mediatiga.Id - Bertempat di Aula kantor desa Pangauban kecamatan Pacet kabupaten Bandung,Selasa(11/12) Kantor Urusan Agama( KUA) Pacet melaksanakan Sosialisasi Simkah berbasis Web mengacu kepada Keputusan resmi yang  diluncurkan Kementerian Agama dengan berbagai pertimbangan.
Sosialisasi ini bertujuan agar dokumen administrasi pernikahan bisa lebih sederhana, bila dibandingkan buku nikah yang tebal.
 Sosialisasi Simkah Web dihadiri juga Drs Agus Rizal M.Si selaku camat kecamatan Pacet dan Azidin kepala desa Pangauban serta Rw/Rt dan para tokoh  berikut masyarakat setempat.
 Menurut Deden Humron SHI selaku penghulu petugas KUA Pacet saat di wawancara, menjelaskan," bahwa tujuan Sosialisasi agar masyarakat tahu akan program Kementrian Agama yang sekarang sedang di laksanakan yakni peluncuran Simkah Web kartu nikah dimana Kartu nikah ini lebih simpel seperti KTP atau ATM yang lain, jadi itu bisa dimasukkan ke dalam saku bisa disimpan di dalam dompet," kata Deden Humron.
   Lebih lanjut Deden mengatakan," Selain dari segi penyimpanan yang dirasa lebih memudahkan, dari segi keperluan pendaftaran pun juga memudahkan bentuk kartu.
 "Bisa memudahkan, ketika kita harus meregistrasi atau memerlukan catatan apakah kita sudah nikah atau belum dan seterusnya dan seterusnya, karena bisa dibawa ke mana-mana," ujar Deden.
 Ditambahkan Deden," Target yang dibidik Kementerian Agama adalah satu juta kartu nikah bisa disebarkan untuk pasangan yang baru menikah pada tahun 2018.
Sementara yang sudah menikah, pemberian kartu nikah akan disebarkan bertahap.
Akun resmi Kementerian Agama melalui Twitter, @Kemenag_RI juga mengumumkan hal ini pada 8 November 2018 lalu.
Kartu nikah tak sekadar kartu nikah, disediakan pula aplikasi yang disebut Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah) berbasis web," jelasnya.
 Artinya Sosialisasi ini,kami memberikan pemahaman dan emang sebuah tuntutan pekerjaan  dimana dunia komunikasi semakin maju,sehingga sistem data dan administrasi harus secara online untuk mempermudah laporan pencatatan nikah melalui Simkah Web yang sangat simple melalui sistem manajemen pencatatan nikah mukhtahir berbasis Web.
 Sehingga data-data kependudukan lebih valid,lebih baik mempermudah dan menimbulkan efesiensi dan efektifitas kerja dalam pencatatan peristiwa nikah ," pungkasnya ( Arbim)

No comments