Menyalahi aturan, Bawaslu Banjar Sikat Habis Stiker Kampanye di kendaraan umum


Banjar, mediatiga.id - Banyaknya Alat Peraga Kampanye (APK) yang bertebaran di angkutan umum membuat Bawaslu Kota Banjar mengambil tindakan tegas pada kamis (6/12). Pemasangan seperti ini dilarang sesuai dengan regulasi dan aturan yang berlaku.

Acap kali pemasangan APK ini dinilai membahayakan keselamatan, seperti pemasangan di kaca belakang angkutan.

Dalam razia kali ini Bawaslu mengadakan Operasi gabungan penertiban APK bersama  KPU, Panwaslu, Polisi, Dishub, dan Satpol PP.

Irfan Ketua Bawaslu Kota Banjar mengatakan, penertiban ini dilakukan karena secara undang-undang lalu lintas dilarang, demi keselamatan umum. Terlebih, alat APK branding atau stiker yang terpasang di mobil angkutan umum, juga dilarang menurut regulasi.

"Pemasangan APK di angkutan umum juga menyalahi aturan dalam PKPU No.23 Tahun 2018 Pasal 51. SK KPU No. 111 tanggal 20 September 2018". Tegas Irfan.

Penertiban yang berlangsung seharian ini  dilaksanakan di dua titik, yaitu di Terminal dan di pasar. Hasilnya sebanyak 30 kendaraan umum terpaksa membersihkan stiker berbagai ukuran yang menempel di kendaraanya seperti di kaca belakang kendaraan dan bodi kendaraan. (Tema)

No comments