Pemerintah Daerah Kota Cirebon kembali mencatat prestasi. Pada ajang TOP IT & TELCO 2018


Cirebon, mediatiga.id - Pemkot Cirebon mendapatkan dua penghargaan sekaligus. Apresiasi yang didapatkan Pemkot Cirebon, tidak hanya ditujukan kepada Pemkot Cirebon sebagai TOP IT on IT Collaboration & Innovation Development 2018, tapi juga kepada Dedi Taufik selaku Pj. Walikota Cirebon, yang menyabet penghargaan untuk kategori “Top Leader on IT Leadership 2018”.

Pemimpin redaksi Majalah IT Works, M. Lutfi Handayani menjelaskan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada kalangan bisnis, institusi Pemerintah, BUMN dan lembaga lain yang dinilai berhasil dalam menerapkan dan memanfaatkan TIK untuk meningkatkan kinerja, daya saing dan layanan yang diberikan.

“Top IT dan Top Telco 2018 merupakan ajang penghargaan yang ke-5 kalinya, bertujuan mendorong agar senantiasa peka dalam menyikapi tren perkembangan IT dan TELCO dengan melakukan pemuktahiran bahkan bisa lebih kreatif dalam mengembangkan inovasi, solusi IT dan TELCO di setiap instansi Pemerintah atau perusahaan yang tentunya akan berdampak luas bagi masyarakat,” katanya.

Ia melanjutkan, Kegiatan Top IT & Telco 2018 diikuti oleh 200 perusahaan dan instansi yang direkomendasikan oleh para pakar IT Telco, lalu terpilih 150 perusahaan finalis, termasuk Kota Cirebon.

“Ada 3 metode penilaian yang dilakukan. Pertama, Kuesioner dan wawancara penjurian untuk menilai keberhasilan implementasi dan pemanfaatan solusi TI Telco. Kedua, kuesioner dan riset tentang rekomendasi user IT Telco untuk penilaian kategori Business Solution. Ketiga, market research di 6 kota besar yaitu Jabodetabek, Surabaya, Semarang, Medan, Makasar, dan Balikpapan, untuk mendapatkan index penilaian pelanggan atau masyarakat terhadap produk-produk IT Telco yang bersangkutan,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon, Iing Daiman mengatakan, pencapaian ini merupakan wujud syukur dan komitmen untuk terus menjadikan kota Cirebon sebagai smart city yang tetap menjunjung tinggi kearifan lokal dan kolaborasi dengan berbagai stakeholder dan komunitas.

"Ini merupakan bentuk penghargaan dari IT Works setelah melihat kinerja pemerintah dalam keseriusan memanfaatkan IT untuk percepatan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Bahkan upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Cirebon telah beberapa kali mendapatkan penghargaan baik dari swasta maupun Kementerian. (Reno)

No comments