Polres Cirebon Kota Gerebek Rumah Pembuat Miras Impor Palsu


Cirebon, mediatiga.id - Polres Cirebon Kota menggerebek rumah mewah di kawasan Kasepuhan Kecamatan Lemahwungkuk. Rumah kontrakan ini, diketahui dijadikan tempat memproduksi minuman keras impor palsu. Dari penggerebekan itu, petugas berhasil menahan LY warga Petamburan Jakarta yang diduga kuat sebagai pengontrak rumah dan pembuat miras palsu. Dari rumah ini, pelaku dapat menghasilkan sebanyak 500 botol miras impor palsu berbagai merek.

Atas perbuatannya LY dijerat Pasal 204 ayat 1 KUHP juncto Pasal 386 KUHP juncto Pasal 106 juncto Pasal 113 UU Nomor 7 Tahun 2014 tentabg Perdagangan dengan ancaman 15 tahun penjara.

Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy menyatakan, petugas belum bisa memastikan campuran apa yang dimasukkan ke dalam minuman tersebut, karena barang bukti berupa cairan alkohol dan semacam cairan fermentasi masih dalam proses uji laboratorium.

“Kami menyita ratusan botol minuman keras impor, enam drum besar, dua panci besar untuk penyulingan, 1.440 botol air mineral berisi alkohol, dan lainnya. Campurannya apa belum diketahui, masih proses pemeriksaan,” katanya, Kamis 13/12/2018.

Ia menjelaskan, di rumah mewah itu pelaku menggunakan lantai atas untuk tempat pembuatan miras impor ilegal. Hasilnya dijual ke daerah Jawa Barat, baik perorangan maupun di tempat-tempat hiburan.

“Sudah beroperasi selama satu tahun. Keuntungannya per bulan mencapai Rp 50 juta,” ujarnya.

Pelaku mengaku, mendapat bahan baku secara eceran, kemampuan membuat miras palsu didapatkan secara otodidak. Petugas hingga kini masih melakukan pengembangan untuk mencari siapa orang yang turut membantu meracik atau membuat miras ilegal serta siapa yang bertugas mengedarkannya.

“Sementara ini, kami baru menangkap satu orang pelaku. Masih dalam pengembangan,” katanya.(Reno)

No comments