Resi Gudang Bulog Di Majalengka Di Sidak


   
MAJALENGKA - Gedung Resi Bulog yang berlokasi di Desa Ligug Lor, Kecamatan Ligung kabupaten Majalengka kedatangan Direktur Utama Perum Bulog, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso (Buwas), Jumat (7/12/2018)

Kedatangan mantan Kabareskrim Polri dan Kepala BNN ini sempat mengagetkan pihak-pihak terkait yang berada di Kabupaten Majalengka.

Padahal kedatangan Buwas di gudang tersebut hanya mengecek kesiapan, karena resi gudan bulog itu akan dijadikan lokasi sentra produksi beras unggulan di Jawa Barat.

Turut mendampingi pada sidak tersebut Imam Subowo selaku Ditektur Pengembangan Bisnis Dan Industri Perum Bulog, jajaran Direksi, sementara dari Pemkab Majalengka dihadiri Kadis Perindag Umar Ma'ruf, Muspika Kecamatan Ligung, para Kades serta Gabungan Kelompok Tani.

Begitu tiba di lokasi, Buwas langsung mengecek sarana dan prasarana yang terdapat di gudang tersebut seperti mesin pengering dan mesin penggilingan padi. Disini Buas mendapat penjelasan tim mekanik. Buas merasa puas atas penjelasan yang disampaikan oleh tim mekanik, apalagi beras yang dihasilkan dari mesin penggilingan yang di kelola oleh PT Mitra Desa Bersama  (PT MDB) ini bisa menghasilkan beras yang bagus dan berkualitas. Bahkan Buas sendiri sempat terkejut karena beras yang di hasilkan oleh PT MDB ini, zero pecahan beras. Hal ini menunjukan kualitas padi di wilayah Kecamatan Ligung Cukup baik.

Setelah selesai melakukan pemeriksaan Buas melakukan dialog interaktif dengan pejabat setempat dan para kelompok tani. Disini Buwas menerima keluh kesah dari pejabat  dan para petani, mulai menyempitnya lahan pertanian seiring serbuan kawasan industri ke wilayahnya juga dampak dari kehadiran BIJB Kertajati, sampai mahalnya harga pupuk saat musim tanam, dan anjloknya harga gabah di saat musim panen tiba.

Mendengar keluhan tersebut kedua pejabat yakni Kadis Perindag Umar Ma"ruf, selaku perwakilan Pemkab Majalengka dan Buwas selaku Dirut Perum Bulog menyatakan kesiapannya membantu kesulitan para petani, Sehingga kedepannya petani tidak lagi menemui kendala yang berarti dan kehidupannya sejahtera.

"Dibangunnya resi gudang disini, menunjukan pemerintah sangat peduli terhadap kesulitan petani, karena dengan hadirnya resi gudang maka kesulitan petani akan teratasi, "papar Buwas

Menurutnya, kedepan para petani majalengka kehidupannya sejahtera, asalkan dapat menghasilkan hasil pertanian  yang berkualitas.

"Harus bisa menghasikan beras yang berkualitas, seperti beras premium yang dihasikan oleh petan wilayah lain, seperti beras premium cianjur, beras premium rojolele dan merek lainnya, " jelasnya

Sementara Kadis Perindag Umar Ma'ruf mengaku optimis petani Majalengka umumnya dan khususnya petani yang berada di Kecamatan ligung, dengan adanya resi gudang bulog mampu meningkatkan kualitas hasil pertaniannya. (Nano)

No comments