Sosialisasi Satgas Citarum Harum.Sektor II Bagi-Bagi Sembako Kepada Warga Pangauban



Pangauban, Mediatiga Id - Sosialisasi Program Citarum Harum Kodam III Siliwangi sektor II di bawah garis komando Kolonel Inf Kolonel Mulyono terus gencar dilakukan terhadap masyarakat desa Pangauban  kecamatan Pacet kabupaten Bandung.

 Tujuan sosialisasi ini agar masyarakat lebih mengerti lagi dalam merubah prilaku hidup dalam menjaga lingkungan ekosistem.daerah aliran sungai Citarum yang sudah berjalan 9 bulan.

 Kebersamaan masyarakat dalam program Citarum.Harum bersama satgas sektor II, akan mempercepat pemulihan bersihnya sungai Citarum dari kotoran Hewan,Manusia dan Sampah.

 Menurut Dansektor II Kolonel Inf Mulyono,Rabu(6/12) saat di wawancara Mediatiga News di aula kantor desa Pangauban melalui Serma Ashari selaku Dansubsektor II mengatakan,"secara garis besar,diwilayah kami sektor II sudah banyak perubahan," ucapnya.

 Masyarakat sudah paham dan lebih mengerti tentang kebersihan lingkungan,terutama dalam sanitasi kotoran limbah manusia dan hewan, begitupun juga sampah , yang saat ini sudah tidak di buang lagi ke daerah aliran sungai Citarum," jelasnya.

 Lebihlanjut Ashari menjelaskan," selama ini kami terus berupaya melaksanakan sosialisasi program citarum harum ke tiap desa sebulan sekali baik itu sosialisasi dalam skala besar dan kecil, serta melakukan terobosan-terobosan gerakan bersih-bersih agar menjadi contoh bagi masyarakat akan arti kebersihan lingkungan." Ujar Ashari.

 Masih menurut Azhari," di wilayah sektor II tidak ada limbah pabrik namun yang menjadi acuan sosialisasi terhadap masyarakat yakni masuknya racun Pestisida dan Urea ke DAS Citarum,  yang mengandung zat kimia dari bahan-bahan obat-obatan pertanian jenis sayuran sesuai dengal kultur wilayah perkebunan," tambahnya.

 Masih di tempat yang sama Ajidin kepala desa Pangauban, saat di minta tanggapan terkait sosialisasi program.Citarum Harum di desanya,mengatakan," Kami atas nama pemerintah desa Pangauban sangat merespon kehadiran satgas Citarum Harum sektor II,dimana telah melakukan inivosi untuk kebersihan lingkungan,sesuai yang dikatakan dan dijanjikan Dansektor II, akan segera merealisasikan tempat pembuangan sampah secepatnya untuk warga kami," ucap Ajidin.

 Lanjut Ajidin, guna mendukung program Citarum Harum,kami juga akan bekerjasama dengan para ulama dan tokoh masyarakat serta akan merekrut  Da,i ( juru penerang agama) agar mensosialisasikan program Citarum Harum,karena daerah kami adalah daerah berbasis Agamis." Ungkapnya.

 Perlu diketahui juga bahwa kami sekarang bersama warga secara rutinitas melaksanakan Jumsih( Jumat Bersih) sebagai wujud pembentukan karakter ahklak dalam pentingnya hidup bersih dalam diri kita," pungkasnya.

 Dalam acara sosialisasi tersebut sektor II satgas Citarum Harum membagikan Sembako dan Kaos Satgas Citarum Harum Sektor II,yang di berikan kepada seluruh peserta sosialusasi.( Arbim)

No comments